Khasiat Urang Aring

Urang aring (eclipta prostrata hassk) hanya untuk kesehatan dan kesuburan rambut. Kenyataanya memang banyak produk shampo, tonik, dan minyak rambut yang menggunakan bahan baku urang aring. Tanaman urang aring juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Berdasarkan buku Tanaman Obat Indonesia (2007), terdapat 13 manfaat urang aring untuk kesehatan. Yaitu penyembuhan disentri, hepatitis, kencing darah, lemah syaraf, muntah darah, mimisan, gangguan pencernaan, radang usus, wasir serta obat luar bisul berdarah, eksem, perut mulas, dan perawatan rambut. Tanaman dari keluarga asteraceae (compositae) ini merupakan herba berbatang bulat, bercabang, serta berwarna ungu dan berambut putih. Daunnya tunggal, bulat telur, berseling berhadapan, ujung runcing, pangkal meruncing, tepi bergerigi, bertulang menyirip, dan berwarna hijau.
Banyak orang mengenal urang aring (
        Semua bagian tanaman urang aring bisa digunakan untuk pengobatan. Herba ini mempunyai sifat khas mendinginkan, manis dan masam serta mengandung unsur kimia nikotina yang berkhasiat sebagai hemostatik dan antipiretik. saat ini herba tersebut cukup sulit diperoleh, kecuali diusahakan oleh industri farmasi berskala besar melalui usaha perkebunan. Meski demikian kita masih bisa menjumpai tanaman urang aring di beberapa daerah di jawa tengah. Bahkan urang aring mulai dijadikan perkebunan rakyat di kabupaten Karanganyar.
          Cara menyembuhkan penyakit hepatitis adalah 3 gram herba urang aring dan 4 gram rimpang temu lawak ditambah 100 ml air. Bahan-bahan tersebut diracik menjadi infus dan diminum satu kali sehari sebanyak 100 ml selama 30 hari.
          Cara pengobatan penyakit wasir meliputi 7 buah herba urang aring, 7 bh akar patikan cina, 7 helai daun iler, 1 penggal kayu ules dan 110 ml air. Bahan-bahan tersebut juga dibuat infus dan diminum satu kali sehari 100 ml selama 14 hari. Jika perut terasa mulas, cukup diberi tapal dengan herba urang aring yang telah dipipis.
           Cara merawat rambut misalnya untuk menghitamkan dan memperbaiki pertumbuhan rambut, ramuannya adalah segenggam herba urang aring ditambah air secukupnya lalu dibuat pipis. Lalu digosok pada kulit kepala dan rambut setelah itu diamkan sesaat kemudian keramas dengan shampoo biasa.

  
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url